Makna Kemerdekaan

Makna Kemerdekaan

Makna Kemerdekaan Indonesia

 

17 Agustus 2016 adalah merupakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 71. Pada hari ini pula, di sepanjang jalan protokol, di perkampungan – perkampungan dan di sekolah – sekolah penuh dengan hiasan dan ucapan yang mengapresiasikan kegembiraan kemerdekaan bangsa Indonesia. Perlombaanpun diselenggarakan sebagai bentuk usaha nyata untuk memeriahkan kemerdekaan negeri tercinta ini.

Hari kemerdekaan Indonesia dipahami sebagai hari kebebasan Indonesia dari penjajahan. Penjajahan yang telah merebut hak – hak hidup layak, memperoleh pendidikan, mendapatkan perlakuan yang adil dan lain sebagainya. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kemerdekaan memiliki makna keadaan (hal) berdiri sendiri, bebas, lepas dan tidak terjajah lagi. Sedangkan merdeka memiliki makna tidak terikat, leluasa dan tidak tergantung kepada orang atau pihak tertentu.

Dalam terjemah bahasa Inggris, hari kemerdekaan Indonesia adalah Indonesia independent day. Merujuk pada kamus Cambridge advanced learner, kata independent memiliki makna (not influenced, not ruled and not helped) yaitu tidak dipengaruhi, tidak diatur dan tidak dibantu. Jadi independent day berdasarkan makna dari kamus ini adalah bangsa kita tidak boleh dipengaruhi, diatur atau dibantu dari bangsa lain karena negara ini sudah cukup kaya akan SDA (Sumber Daya Alam) yang telah dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa

Merujuk kepada English Structure, satu kalimat bahasa inggris bisa terdiri dari independent clause dan dependent clause. Independent clause adalah anak kalimat yang dapat berdiri sendiri (sudah dapat dimengerti) tanpa adanya bantuan anak kalimat lain. Contohnya, I studied English seriously. Sedangkan dependent clause adalah klausa yang tidak dapat berdiri sendiri dan masih membutuhkan klausa lainnya untuk mengerti kalimat tersebut. Contohnya, when teacher came to class. Jadi, Independent day atau hari kemerdekaan merujuk pada english structure adalah hari dimana bangsa kita sudah mampu berdiri sendiri, tidak selalu berpangku tangan pada orang lain atau bangsa lain.

Setelah memperhatikan beberapa pengertian tentang makna hari kemerdekaan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hari kemerdekaan Indonesia adalah hari dimana negara kita sudah bisa menyelenggarakan aktivitas kenegaraannya secara mandiri, tidak dapat dipengaruhi oleh negara manapun dalam memutuskan permasalahan negara Indonesia dan tidak selalu menumpuk hutang untuk mensejahterakan rakyatnya. Sebagai warga negara yang telah merdeka, kita tidak boleh terjajah lagi oleh kemalasan kita, terbelenggu dalam buaian teknologi yang menomerduakan ibadah kepada Tuhan kita. Sebagai pewaris kemerdekaan Indonesia, kita harus terus belajar dan tidak mudah puas dengan hasil yang telah dicapai, konsisten dalam meningkatkan kinerja serta berinovasi untuk berkompetisi demi mempertahankan eksistensi di dunia global saat ini. Mudah – mudahan tulisan ini bermanfaat untuk kami dan pembaca sekalian. Terima kasih . . . . Merdeka . . . Merdeka . . . Merdeka !!!

 

Ditulis oleh Ade Sendi Saputra, Pengajar Bahasa Inggris SMK Telkom Jakarta

Comments

comments