Siswa Diajarkan Makna Idul Adha dengan Berkurban

Siswa Diajarkan Makna Idul Adha dengan Berkurban

Jakarta | SMK Telkom Jakarta Hari Raya Idhul Adha merupakan (bahasa Arab: عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari itu diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim AS, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail AS untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. Peringatan idhul adha di SMK Telkom Jakarta diselenggarakan di area dekat Musholla Al-Arif masih dilingkungan sekolah. Para siswa/i beserta para guru dan karyawan menyaksikan proses penyembelihan hewan qurban yakni 2 Ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Dari 6 ekor kambing 3 diantaranya diberikan kepada Ketua RT, Kelurahan dan Polsek Cengkareng Jakarta Barat.

 

Pelaksanaan penyembelihan dilakukan pada hari selasa 13 september 2016 oleh para guru serta pengurus Rohis dan dibantu oleh pengurus OSIS SMK Telkom Jakarta.

Hari Raya Idhul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia dimana pada hari tersebut didalamnya terdapat suatu kegiatan yakni penyembelihan hewan ternak (Kurban) dengan tujuan mendapatkan ridho Allah Swt. Sedangkan penyembelihan hewan ternak (kurban) secara etimologi berasal dari kata bahasa Arab, yakni Qaraba, Yaqrabu, Quban wa qurbanan wa qirbanan yang meliki arti dekat. Jadi, kurban berarti mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengerjakan sebagian perintah-Nya. Kurban dalam pengertian kita sehari-hari sebenarnya diambil dari kata udhhiyah yakni bentuk jama’ dari kata ”dhahiyyah” yaitu sembelihan pada waktu dhuha tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah. Dari sinilah muncul istilah ”Idul Adha”. Dengan demikian yang dimaksud dengan kurban atau udhhiyah adalah penyembelihan hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah pada hari raya Idul Adha dan tiga hari Tasyriq, yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.

Dalam sejarahnya, kurban menurut firman Allah SWT dalam Q.S. Al Maidah : 27

Comments

comments