SMK TELKOM JAKARTA
Yayasan Pendidikan Telkom
PROWORK2020
dilan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom Jakarta adalah suatu institusi pendidikan yang didirikan untuk menghasilkan SDM tingkat menengah yang terampil dalam bidang telekomunikasi. Sebagai institusi pendidikan, SMK Tekom Jakarta berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan ciri kultur dirinya di lingkungan masyarakat pada umumnya dan dunia telekomunikasi khususnya. Hal itu dimaksudkan untuk menempatkan SMK Telkom Jakarta sebagai lembaga pendidikan unggulan yang mampu mencetak tenaga terampil tingkat menengah dalam bidang telekomunikasi.
Keingingan tersebut dapat diwujudkan jika kegiatan belajar mengajar ditunjang kemitraan dengan institusi lainnya, yaitu industri telekomunikasi. Diharapkan dengan adanya kesiapan ini akan memberikan kontribusi positif yang berarti, baik dalam lingkup prestasi akademik maupun lingkup dunia kerja.
Akan tetapi dimasa pandemi dan transisi seperti sekarang ini pelaksanan Praktik Kerja Industri (Project Work) belum memungkinkan untuk dilakukan, sehingga kegiatan Project Work disubstitusi dengan Project Work.
Kegiatan Project Work ini memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kompetensi dasar yang sudah dimiliki dan disesuaikan dengan gambaran kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha / industri.
Sebagai perwujudan pelaksanaan kurikulum SMK Telkom Jakarta Tahun 2020, siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2020/2021 diwajibkan mengikuti Kegiatan Project Work dengan tema yang telah ditetapkan sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing yaitu Teknik Transmisi, Teknik Jaringan Akses, Teknik Komputer & Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak sebagai kegiatan akademis untuk semester V dan sebagai pembekalan awal memasuki Industri Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Kegiatan Project Work adalah sebuah kegiatan yang mensubstitusi Praktik Kerja Industri. Project Work merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan pengamatan, pengumpulan bukti dan analisa untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu. Untuk kegiatan ini PROJECT WORK 2020, menggunakan dasar pijak pada,
1. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. PP No. 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan
3. PP RI No. 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
4. PP RI No. 41 Tahun 2015 tentang Pembangunan Sumber Daya Industri

5. Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
6. Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia
7. Permen Perindustrian No. 03/M-IND/PER/1/2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri
8. Permen Pendidikan dan Kebudayaan No. 34 tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan untuk SMK/MAK
9. Permen Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Menengah Kejuruan
10. Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 4678/D/KEP/MK/2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan
11. Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan
12. Program Pengajaran Tahun 2020/2021.

Tujuan dan Sasaran Project Work
1. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional dalam bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi.
2. Mengembangkan program sekolah melalui sinkronisasi kurikulum, proses pembelajaran, teaching factory, dan pengembangan sarana dan prasarana praktik berdasarkan pengamatan.
3. Memperkokoh link and match antara sekolah dengan dunia usaha/industri.
4. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dengan mengenalkan dunia kerja melalui simulasi.
5. Menumbuhkan kreativitas dan ide-ide baru sehingga tercipta sumber daya yang memiliki unique value dan siap menjadi agen perubahan saat terjun di masyarakat.

6. Meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan-permasalahan sosial yang ada dengan menawarkan solusi baru melalui pemanfaatan hasil teknologi telekomunikasi.
7. Menjadi sarana dan media pembelajaran yang berbeda di era new normal guna mencapai life skill yang dibutuhkan.

Bentuk Kegiatan
1. Siswa melakukan pengamatan/Observasi
2. Siswa melaksanakan praktik kerja, mengenal Standard Operational Procedure (SOP) dan Standard Maintenance Procedure (SMP)
3. Tanya Jawab/Diskusi
4. Mencatat dan Evaluasi Data
5. Menyusun Laporan
6. Penilaian hasil PROJECT WORK

Waktu dan Tempat
PROJECT WORK dilaksanakan pada awal Tahun Pelajaran 2020/2021 selama 12 minggu efektif dari tanggal 13 Juli 2020 sampai dengan 13 Oktober 2020, berdasarkan kompetensi keahlian peserta PROJECT WORK dan diharapkan siswa akan melakukan PROJECT WORK di tempat yang sesuai dengan program keahlian.

PANDUAN PROJECT WORK TAHUN 2020

TRANS
AKSES
TKJ
RPL
RPL 1
PEMBIMBING TEKNIS DAN PENULISAN PW-2020-1
PEMBIMBING TEKNIS DAN PENULISAN PW-2020-2

Comments

comments