Pembinaan karakter oleh TNI kepada Peserta didik SMK Telkom Jakarta

0

Jakarta – SMK Telkom Jakarta Minggu (08/01/2023) melakukan kegiatan pembinaan karakter yang dibimbing langsung oleh Kodim 0503/JB. Danramil 04 Cengkareng Kapten Inf Kurniawan bersama Babinsa memberikan latihan dasar kepemimpinan (LDKS) kepada siswa-siswi SMK Telkom Jakarta, berjumlah 420 orang, pelaksanaan yang dimulai sejak Sabtu kemarin dan berakhir Minggu bertempat di lingkungan SMK Telkom Jakarta Kelurahan Kedaung Kaliangke Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.  

Rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa diawali dengan melaksanakan Upacara Pembukaan LDKS dibuka oleh kepala sekolah SMK Telkom Jakarta Bapak Krisna Prasetyo Surendro ST.MT., Serta dihadiri Para guru Pembimbing SMK Telkom Jakarta dan Siswa/i Senior SMK Telkom Jakarta yang kemudian dilanjutkan dengan materi Latihan Dasar Kepemimpinan teori dan praktek lapangan.

Kepala Sekolah SMK Telkom mengatakan, dalam melaksanakan kegiatan LDKS para siswa/i agar mereka paham betul tentang tugas pokok dan tanggung jawab sebagai siswa yang diembannya.

“Kegiatan ini akan dipandu oleh instruktur dari Koramil04 Cengkareng Berbagai materi yang diajarkan mencakup kemampuan siswa dalam kecakapan mental, Wawasan Kebangsaan serta Materi Saka Wira Kartika yang mencakup 5 Krida, serta materi materi yang diisi oleh para guru dan siswa/i senior SMK Telkom,” tandasnya.

Danramil 04 Cengkareng pada saat mengisi materi Wawasan Kebangsaan menyampaikan bahwa Negara Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan bahasa yang sangat banyak, dengan kekhasan yang berbeda satu sama lain, dan ketika keanekaragaman dan kekayaan itu menyatu menjadi satu bangsa, maka yang muncul adalah sebuah keindahan.

“Meskipun bangsa Indonesia memiliki beragam budaya, suku bangsa, ras, bahasa dan agama, tetapi bangsa ini tetap memegang erat prinsip persatuan dan kesatuan”, Tambahnya.

“LDKS merupakan tahap pertama yang harus dilalui oleh para siswa dan siswi sebelum masuk menjadi pengurus OSIS, dimana siswa harus terlebih dahulu mengikuti LDKS, karena itu adalah syarat utama dalam kepengurusan OSIS giat ini baru kami laksanakan mengingat pada saat lalu masih ada pembatasan terkait penyebaran Covid-19 ,” papar Bpk. Fajar selaku Guru Pebimbing.

Serma Andi yang ditugaskan sebagai pelatih dalam pelatihan ini menuturkan bahwa LDKS ini punya peranan penting untuk membangun karakter, disiplin kepemimpinan agar dimasa depan nanti Siswa/i bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga dan masyarakat serta Bangsa Indonesia.

“Semua siswa harus mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan sesuai aturan yang berlaku dan apabila ada yang melanggar, sangsi pun diberlakukan,” ungkapnya.  

Selain kegiatan Baris – berbaris peserta dikenalkan peralatan yang dimiliki oleh TNI seperti senjata, alat pendukung bencana alam dan strategi kerjasama dalam tim.

Comments

comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.