Prestasi Guru

Universitas Negeri Yogyakarta ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemenetrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelenggarakan Lomba Keahlian Guru Produktif Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Nasional Tahun 2016 (29-31/10/2016). Ada 10 bidang keilmuan yang dilombakan pada LKG Produktif SMK ini antara lain multimedia, Teknik Jaringan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Listrik, Teknik Permesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Administrasi Perkantoran, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura serta Akuntansi.

Guru produktif sendiri merupakan guru inti SMK, karena guru tersebut memberikan pembelajaran praktik di bengkel/ laboratorium yang langsung pada pembentukan lulusan. Oleh karena itu guru produktif mesti terus dibina untuk ditingkatkan kemampuan dan motivasi kerjanya terutama dalam pembelajaran praktik agar kinerjanya semakin meningkat pada gradasi yang tinggi. Salah satu pembinaan yang dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016 adalah dengan menyelenggarakan Lomba Keahlian Guru Produktif SMK. Hal tersebut lah yang melatar belakangi pelaksanaan lomba ini.

Dekan FT UNY, Dr. Widarto menuturkan sebagian besar bidang lomba diselenggrakan di Fakultas Teknik serta Fakultas Ekonomi untuk Akuntasnsi dan Administrasi Perkantoran. “Sedangkan, bidang pertanian, kami menggandeng Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta yang merupakan perguruan tinggi perkebunan tertua sejak 1958 dengan core competency perkebunan dan kehutanan,” imbuh Dekan FT UNY,.

Dr. Widarto menambahkan bahwa lomba ini meliputi tiga aspek pengujian. “Yang pertama adalah uji teori secara online, kemudian micro teaching untuk menguji kecakapan guru dalam mengajar, dan yang ketiga adalah uji skill di lab atau bengkel untuk mengukur keterampilan guru,” terang Widarto.

Kadarisman, M.Pd., Ka. Subdit Kesejahteraan Penghargaan dan Perlindungan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, menuturkan dipilihnya FT UNY karena reputasinya sebagai penghasil tenaga pendidik di lingkungan SMK. Selain itu, FT UNY juga telah terbukti sukses melaksanakan beberapa lomba kompetensi semacam ini seperti yang terbaru sebagai host Apresiasi Kompetensi Peserta Didik Kursus dan Pelatihan Tingkat Nasional dan juga LKS DIY tiap tahunnya.

“Kami memberikan apresiasi tinggi kepada UNY atas bantuan dalam pelaksanaan lomba ini seraya berharap bisa kembali menjalankan kegiatan yang sama pada tahun mendatang,” tutup Kadarisman saat pengumuman juara LKG Produktif 2016.

Juara 1,2 dan 3 dari tiap bidang lomba berhak mendapatkan seperangkat laptop serta uang pembinaan. Hasil akhir yang dibacakan oleh Dekan FT UNY (31/10-2016) di Hotel UNY adalah sebagai berikut. Juara Pertama bidang Teknik Komputer Jaringan yakni Krisna Prasetyo Surendro dari SMK Telkom Sandy Putra Jakarta, Bidang Administrasi Perkantoran yaiu Sulistiyawati dari SMK N 2 Semarang, Teknik Kendaraan Ringan Sutrisno dari SMK N 2 Purwodadi, Akuntasi oleh Iwan Supriono  dari SMK N 1 Banyumas, Rekayasa Perangkat Lunak oleh Fathur Rohman dari SMK Umar Fatah Rembang, Multimedia oleh Theda Priya Aji dari SMK Shalahudin 2 Malang, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik oleh Izudin Syarif dari SMK N 1 Paringin, bidang Agribisnis Tanaman Pangan dan Bortikultura oleh Aprillia Palupi dari SMK N Bansari, Audio Video oleh Priyo Nugroho dari SMK N Bansari, serta Teknik Permesinan oleh Bambang Triono dari SMK N 1 Plered. 

sumber http://ft.uny.ac.id/berita/lomba-keahlian-guru-lkg-produktif-smk-2016.html

Comments

comments