PROFIL SMK TELKOM JAKARTA

  1. SEJARAH SINGKAT

SMK Telkom Jakarta yang sebelumnya bernama SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta sejak Maret 2014 berubah menjadi SMK Telkom Jakarta dengan dicanangkannya Telkom Schools oleh Telkom Foundation.

Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT) pada awalnya didirikan oleh persatuan istri  karyawan PERUMTEL  (sekarang PT. Telekomunikasi Indonesia)  pada tanggal 17 Januari 1980 dengan Akta Notaris Masri Husen, S.H. Anggaran Dasar YSPT yang merupakan landasan operasional yayasan senantiasa mengadakan penyesuaian dengan situasi dan kondisi yang ada, sehingga  telah mengalami beberapa kali  perubahan dan terakhir dengan Akta Notaris Erny Kencanawati, S.H., M.H. Nomor 15 tanggal 16 Juni 2006 telah tercatat dalam daftar Yayasan berdasarkan surat DIRJEN Administrasi Hukum Umum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia No : C-HT.01.09-34 tanggal 29 Januari 2007.  Undang-undang No.16 tahun 2001 tentang yayasan dan perubahannya dalam undang-undang No.28 tahun 2004 tentang perubahan atas undang-undang No.16 tahun 2001 tentang yayasan mengharuskan setiap yayasan untuk menyesuaikan Anggaran Dasar dengan undang-undang tersebut. Pada saat ini YSPT telah menyesuaikan Anggaran Dasar yang baru yang mengacu pada Undang Undang RI Nomor.16 tahun 2001 tentang Yayasan jo UU RI Nomor. 28 tahun 2004 tentang perubahaan atas UU Nomor.16 tahun 2001 tentang Yayasan.

Maksud dan tujuan didirikannya Yayasan ini adalah untuk ikut berperan serta dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga besar Perusahaan Perseroan (Persero) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk khususnya dan menunjang pembangunan masyarakat Indonesia pada umumnya melalui bidang Pendidikan dan Sosial.

Telkom Schools merupakan perubahan dari Sekolah Telkom Sandhyputra yang dikelola oleh Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT). Peluncuran Telkom Schools dilaksanakan di SMK Telkom Jakarta pada tanggal 23 Januari 2014 oleh Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud RI Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie beserta Dewan Pengurus dan Pembina Yayasan Sandhykara Putra Telkom.

Selanjutnya mulai tanggal 21 Maret 2014 berdasarkan arahan dari jajaran Direksi PT TELKOM selaku Dewan pembina, Yayasan Sandhykara Putra Telkom secara resmi digabung dengan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan berubah nama menjadi Telkom Foundation. Sehingga Telkom Foundation selanjutnya menjadi Yayasan pengelola Telkom Schools untuk tingkat pendididan Dasar dan Menengah serta Telkom University untuk tingkat pendidikan tinggi.

Telkom Schools bersama Telkom University menjadi sarana pengabdian PT. Telkom grup atau program CSR (Coorporate Social Responsibility) PT. Telkom grup di bidang pengembangan pendidikan bagi bangsa Indonesia khususnya pendidikan penguasaan teknologi ICT khususya untuk mendukung pengembangan industri TIMES (Telecommunication Information Media Edutainment & Services).

  1. VISI DAN MISI

Visi

Mewujudkan SMK Telkom Jakarta sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Unggulan yang menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan Industri Telekomunikasi dan Teknologi Informatika, professional, berakhlak mulia dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di Bidang Keahlian Teknologi Telekomunikasi dan Teknologi Komunikasi Informasi yang dinamis dan disiplin dengan menjunjung tinggi norma norma yang berlaku
  2. Menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 guna tercapainya peningkatan mutu penyelenggaraan dan layanan pendidikan yang berkesinambungan
  3. Memberikan pelayanan terbaik kepada para siswa/I, orang tua/wali dan stake holder lainnya
  4. Memberikan kesejahteraan dan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi kepada Guru dan Karyawan/ti
  5. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan sekolah
  1. IDENTITAS SEKOLAH
A. Identitas Sekolah 
 Nama Sekolah:SMKS TELKOM SANDHY PUTRA JAKARTA 
 NPSN:20104462 
 Status Sekolah:Swasta 
 Alamat Sekolah:JL. DAAN MOGOT KM. 11 
 RT / RW:4/4  
 Kode Pos:11710 
 Kelurahan:Kedaung Kali Angke 
 Kecamatan:Kec. Cengkareng 
 Kabupaten/Kota:Kota Jakarta Barat 
 Provinsi:Prov. D.K.I. Jakarta 
 Telepon / Fax:(021) 5442500 / (021) 5442600 
 Alamat Website:https://smktelkom-jkt.sch.id/  
 E-mail:smkteljkt@ypt.or.id / smkteljkt@gmail.com  
B. SK Pendirian        
 SK Pendirian Sekolah:9092/-1.851.78 
 Tanggal SK Pendirian:08 September 2014 
 Status Kepemilikan:Yayasan 
 SK Izin Operasional:9120200872008 
 Tgl SK Izin Operasional:31 Desember 2019 
C. Kepala Sekolah
 Nama:Krisnha Prasetyo Surendro, S.Pd., M.T. 
 Nomor SK Yayasan:KEP. 1609/00/DGS-HC02/YPT/2021 
 Tanggal SK Yayasan:27 Desember 2021 
 No. Telepon / HP:082213314889 
D. Program dan Konsentrasi Keahlian 
 Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM 
 Konsentrasi Keahlian:Rekayasa Perangkat Lunak 
 Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi 
 Konsentrasi Keahlian:Teknik Komputer dan Jaringan 
   Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi 
   Teknik Transmisi Telekomunikasi 
  1. KURIKULUM
  2. Penerapan Kurikulum

Kurikulum SMK Telkom Jakarta pada tahun ajaran 2022/2023 menggunakan Kurikulum Merdeka untuk kelas X dan melanjutkan kurikulum sebelumnya untuk kelas XI dan XII sesuai dengan keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 044/H/KR/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023. Terdapat beberapa perubahan pada kurikulum 2013 revisi ke kurikulum merdeka, berikut beberapa contoh perubahan yang signifikan yakni:

No.Kurikulum 2013 RevisiKurikulum Merdeka
 Dirancang berdasarkan tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan    Dirancang berdasarkan tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan, sedangkan kurikulum merdeka menambahkan pengembangan profil pelajar Pancasila.
 Jam Pelajaran (JP) pada kurikulum 2013 diatur per minggu,  kurikulum merdeka menerapkan JP per tahun. Memberikan keleluasaan sekolah untuk mengatur system pembelajaran
 Kurikulum 2013 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku,kurikulum merdeka lebih mengutamakan tidak dibagi menjadi beberapa aspek dan siswa diwajibkan melakukan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
 Kurikulum 2013 menerapkan penilaian berdasarkan empat Kompetensi Inti (KI) yaitu:  Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan dengan output nilai 2 nilai ditambah dengan perkembangan sikapmenerapkan penilaian berdasarkan fase perkembangan (SMK kelas X fase E) dengan otput nilai 1 dan terdapat portopolio projek yang dilakukan siswa
 Bidang SMK mengenal bidang keahlian, program keahlian dan kompetensi keahlianBidang SMK mengenal Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Konsentrasi Keahlian
  • Bidang, Program dan Konsentrasi Keahlian

Di SMK Telkom Jakarta terdapat 1 (satu) Bidang keahlian yakni Teknologi Informasi dengan 2 (dua) yakni:

  1. Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM (PPLG) dengan 1 (satu) Konsentrasi Keahlian yakni Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  2. Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) dengan 3 (tiga) Konsentrasi Keahlian yakni:
  3.  Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  4. Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi (TJA)
  5. Teknik Transmisi Telekomunikasi (TR)

Adapun penjelasan masing-masing konsentrasi keahlian adalah sebagai berikut:

  1. Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak adalah salah satu konsentrasi keahlian dari program keahlian pengembangan perangkat lunak dan Gim yang didalamnya mempelajari tentang dasar-dasar, pemrograman dasar menggunakan bahasa pemprograman pyton, dasar desain UI/UX, dan manajemen Proyek dengan pelajaran konsentrasi keahliannya berupa pemrograman perangkat lunak, basis data, pemrograman berorientasi objek, serta pemrograman WEB dan perangkat bergerak. Adapun Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Kosentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah jenis pekerjaan dan atau profesi dengan kompetensi Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM pada jenjang SMK sebagai contoh antara lain adalah:

  1. Operator Komunikasi dengan 3 unit kompetensi yakni; Kompetensi Operator Komputer Umum, Kompetensi Operator Komputer inti, Kompetensi Operator Spesialisasi
    1. Konsultan Komputer dan Kegiatan yang Berhubungan dengan Bidang Software Development Sub Bidang Pemrograman.
    1. Perusahaan seperti backend developer, frontend developer, game developer, Software Developer; Designer UI/UX; Mobile Computing; Software requirements analysis dan design; Software quality Assurance; Jasa auditor komunikasi, dan lainnya

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Konsentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak juga dimungkinkan mengoperasionalkan perangkat Teknik Komputer dan Informatika / jasa telekomunikasi untuk usaha mandiri dan tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ataupin berwirausaha.

  • Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik Komputer dan jaringan adalah salah satu konsentrasi keahlian dari program keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi yang didalamnya mempelajari tentang dasar-dasar telekomunikasi, elektronika, media komunikasi, computer dan jaringan dasar, dengan pelajaran konsentrasi keahliannya berupa teknologi jaringan berbasis luas (WAN), system infrastruktur jaringan, system administrasi jaringan dan teknologi layanan jaringan. Adapun Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah jenis pekerjaan dan atau profesi dengan kompetensi Program Keahlian Teknik Jaringan computer dan telekomunikasi pada jenjang SMK sebagai contoh antara lain adalah:

  1. Operator Bidang Jaringan Komputer
    1. Operator Telekomunikasi bidang Operasi dan pemeliharaan Perangkat Telekomunikasi, Perbaikan/Repair and Service

c)  Perusahaan seperti network administrator, server administrator, dan lainnya

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan juga dimungkinkan mengoperasionalkan perangkat Teknik Komputer dan Informatika / jasa telekomunikasi untuk usaha mandiri dan tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun berwirausaha.

  • Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi

Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi adalah salah satu konsentrasi keahlian dari program keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi yang didalamnya mempelajari tentang dasar-dasar telekomunikasi, elektronika, media komunikasi, computer dan jaringan dasar dengan pelajaran konsentrasi keahliannya berupa koneksi jaringan telekomunikasi, instalasi Fiber To The Home (FTTH), Instalasi dan konfigurasi Costumer Premises Equipment CPE, dan Instalasi dan Pemeliharaan Very Small Aparture Terminal (VSAT). Adapun Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Konsentrasi Keahlian Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi adalah jenis pekerjaan dan atau profesi dengan kompetensi Program Keahlian Teknik jaringan computer dan Telekomunikasi pada jenjang SMK sebagai contoh antara lain adalah :

  1. Teknisi Telekomunikasi Satelit dan konfigurasi perangkat satelit
    1. Teknisi Instalasi Fiber Optik, dan pengoperasian perangkat optik
    1. Operator Telekomunikasi dengan tugas utama untuk melakukan operasi dan pemeliharaan Perangkat Telekomunikasi dan Perbaikan/Repair and Service di pihak pelanggan
    1. Diperusahaan menjadi drafter atau perencana proyek dengan melakukan desain, teknisi dalam ruangan (helpdesk), teknisi lapangan.

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Konsentrasi Keahlian Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi juga dimungkinkan mengoperasionalkan perangkat teknik telekomunikasi / jasa telekomunikasi untuk usaha mandiri dan tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun berwirausaha.

  • Teknik Transmisi Telekomunikasi

Teknik Transmisi Telekomunikasi adalah salah satu konsentrasi keahlian dari program keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi yang didalamnya mempelajari tentang dasar-dasar telekomunikasi, elektronika, media komunikasi, computer dan jaringan dasar dengan pelajaran konsentrasi keahliannya berupa Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Utama, Operasi dan Pemeliharaan Transmisi Kabel Laut, Operasi dan pemeliharaan transmisi satelit, dan operasi dan pemeliharaan transmisi radio. Adapun Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Konsentrasi Keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi adalah jenis pekerjaan dan atau profesi dengan kompetensi Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi pada jenjang SMK sebagai contoh antara lain adalah:

  1. Teknisi Telekomunikasi Satelit dan konfigurasi perangkat satelit
    1. Teknisi Instalasi Fiber Optik, dan pengoperasian perangkat optik
    1. Bidang Perekayasaan dan Perencanaan Jaringan Seluler, tower dan antena
    1. Operator Telekomunikasi dengan tugas utama untuk melakukan operasi dan pemeliharaan Perangkat Telekomunikasi dan Perbaikan/Repair and Service di bagian sentral
    1. Diperusahaan menjadi drafter atau perencana proyek dengan melakukan desain, teknisi dalam ruangan (helpdesk), teknisi lapangan

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Konsentrasi Keahlian Teknik Transmisi Telekomunikasi juga dimungkinkan mengoperasionalkan perangkat teknik telekomunikasi /jasa telekomunikasi untuk usaha mandiri dan tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun berwirausaha.

  • Rombongan Belajar Kelas X
NoProgram KeahlianKompetensi KeahlianKelas
1Teknik Jaringan Komputer dan TelekomunikasiTeknik Transmisi TelekomunikasiX Tel 1
2Teknik Transmisi TelekomunikasiX Tel 2
3Teknik Jaringan Akses TelekomunikasiX Tel 3
4Teknik Jaringan Akses TelekomunikasiX Tel 4
5Teknik Komputer & JaringanX Tel 5
6Teknik Komputer & JaringanX Tel 6
7Teknik Komputer & JaringanX Tel 7
8Pengembangan Perangkat Lunak dan GimRekayasa Perangkat LunakX Tel 8
9Rekayasa Perangkat LunakX Tel 9
10Rekayasa Perangkat LunakX Tel 10
11Rekayasa Perangkat LunakX Tel 11
12Rekayasa Perangkat LunakX Tel 12
13Rekayasa Perangkat LunakX Tel 13

Comments

comments